Cara Mengatasi Sakit Mata pada anak (hordeolum atau konjungtivitis) ?

halo ……….

halo teman-teman semua nya ,,,,

semoga dalam keadaan sehat yaaaaaaaaa

kali ini aku pengen banget menceritakan tentang kejadian si Abang lagi nih ,,, dan baru aza sembuh dari sakit matanya T.T


jadi hari Rabu Kemarin tanggal 23 Desember 2020 pengasuhnya si Abang tiba-tiba bilang “Bu matanya Abang kenapa ya?  ya kok merah gitu?

Aku pun langsung melihat mata si Abang dan ternyata bener matanya yang sebelah kiri di bagian sudutnya itu terlihat merah dan bengkak ,,, 

Pikiranku langsung mengambang bahwa si Abang kena hordeolum ,,,  Ce ileeeeeeeeeeeee  padahal bahasa awamnya tuh bintitan ,, wkwkwwkwkwk, ada sedikit benjolan pada sudut mata kirinya ...

Mirip seperti gambar ini (ga sempet foto aslinya siabang) cuma bedanya abang disudut matanya ..... dan didalam matanya aga kemerahan,

dan setelah aku pikir-pikir lagi, sudah 2 harian ini matanya Abang memang banyak banget Tai matanya, 

jadi tanpa banyak berdiskusi aku dan suami aku langsung  membawa si abang ke rumah sakit untuk mengecek matanya agar segera bisa ditangani lebih cepat,  karena menurut aku dan suami penanganan yang lebih cepat itu akan cepat juga penyembuhannya,


selepas magrib kami langsung mendaftar ke salah satu rumah sakit swasta terdekat di rumah kami,, setelah bertemu dengan spesialis dokter anak,  si abang pun dilakukan pemeriksaan fisik dan ternyata pak Dokternya bilang,


“Ibu ini  si Abang sakit mata Ya,  matanya merah dan bengkak Kalau bahasa medisnya disebut  konjungtivitis,  mirip dengan hordeolum atau bintitan,  tapi berbeda, jadi ini saya berikan  Ibu pilihan,  si Abang mau diberikan obat tetes atau obat salep,...


perbedaannya kalau obat tetes lebih mudah pengaplikasian ke matanya  si Abang Tapi harus diberikan 5 sampai 6 kali dalam sehari, 

Sedangkan untuk obat salep agak sulit pemberiannya ke matanya si Abang karena umurnya Abang yang masih kecil,  namun hanya diberikan tiga kali dalam sehari saja


Saya dan suami pun berdiskusi , sebelumnya saya juga pernah punya penyakit yang sama tetapi saya di diagnosa hordeolum atau bintitan,  dan pemberian obat salep memang jauh lebih cepat penyembuhannya disaya sendiri,

maka berdasarkan pengalaman yang saya punya saya pun bilang ke dokter anak untuk si Abang diberikan resep obat salep saja ........


Abang di resepkan/diberikan obat sagestam (gentamicin sulfate), 

yang diberikan sebanyak 3 kali sehari,  yang artinya per 8 jam sekali Abang harus diberikan obat salep tersebut.  

Pulang dari rumah sakit sebelum Abang tidur, saya dan suami memberikan obat salep tersebut untuk pertama kalinya,

Didalam kotak obatnyanya seperti ini yaaaa...



Nahhhh Besoknya di hari Kamis Mata si Abang sangat merah dibandingkan hari sebelumnya, di bagian sudut sebelah kiri bawah sampai ke sudut kanannya, 
jadi matanya terlihat bengkak,merah dan sipit,

Hanya saja saya dan pengasuhnya si Abang tetap berusaha menjaga agar si Abang tidak  menggosok matanya,  karena mungkin karena gatal atau perih di hari itu si Abang tidak berhenti menggosok matanya, 

Saya juga memastikan bahwa si Abang tetap makan yang banyak dan minum susu yang teratur,  karena menurut dokter si Abang bisa saja demam apabila peradangan pada matanya memburuk…

Dihari Jumat si Abang mengalami perbaikan pada matanya yang awalnya bawah mata kirinya memerah dan bengkak berubah menjadi agak kebiruan (pada bagian bawah mata) dan hanya setengah pada matanya saja, sedangkan bola matanya sudah tidak memerah,

Di hari Sabtu itu matanya jauh lebih baik hari kemarin dan hanya tersisa kebiruan yang kecil di sudut matanya, 

dan di hari Minggu sudah tidak ada tanda kemerahan, bengkak, maupun gatal pada mata si  Abang,,


Jadi dari pengalaman Abang yang sakit konjungtivitis,  total waktunya adalah 1 minggu, 

Senin dan selasa bergejala tahi mata yang cukup banyak dan gatal ,

di hari Rabu matanya sibang kemerahan, terutama di bagian luar bawah mata kirinya, 

Kemudian dari hari Kamis sampai Minggu kurang lebih 4 hari diberikan obat salep sagestam, 

dan alhamdulillah mengalami kesembuhan yang signifikan


alhamdulillahirobbilalamin….


Dari pengalaman si Abang ini dan setelah membaca ini, Saya tidak menganjurkan teman-teman untuk memberikan obat langsung tanpa resep dokter yaaaaaaaa,  please sama anak jangan coba-coba , (jadi kaya iklan saya) ....

karena menurut saya ya tetap harus ada ada pemeriksaan fisik dan lainnya yang dilakukan oleh dokter atau tenaga medis yang profesional terutama untuk anak-anak,

Contohnya tadi saya beranggapan bahwa si Abang terkena hordeolum padahal si Abang di diagnosa oleh dokter konjungtivitis, dan sayapun kurang tahu apakah terapi yang diberikan pada kedua Penyakit ini berbeda atau sama, 


Jadi di tetap harus periksa dulu yaaaaaaaaaa ke tenaga medis yang profesional boleh ke Puskesmas, klinik, atau langsung ke dokter spesialis anak,  dan yang paling penting saya belajar dari pengalaman saya bahwa kita benar-benar harus menjaga dan mengajari anak-anak kita sendiri untuk terus mencuci tangan dan tidak boleh menggosok matanya dengan tangan kotor, 

sekian pengalaman Abang , Semoga dapat membantu teman-teman yang membaca ini semoga kita dan keluarga tetap diberikan kesehatan oleh Allah SWT ^,^


Comments

Popular Posts