Cara Menyembuhkan granuloma umbilicus tanpa Operasi (menabur garam)



Assalamualaikum ,,.,,
Alhamdulillah, setelah sekian lama , kumulai kembali tulisan ku ,,
kali ini aq ingin berbagi sesuatu pengalaman yang yg kemarin membuat aq menangis sesenggukan ,,
tgl 19 januari kemarin aq di sahkan oleh Allah menjadi seorang ibu, putra ku lahir dengan normal dan sehat, Alhamdulillah ya Rob, segala puji bagi Allah ..
dengan penuh pembelajaran aq mencoba memberikan yg terbaik buat anak pertama ku ini ,,
namanya new mom liat mukanya digigit nyamuk ato tegores gegara kukunya sendri aza udh bikin hati sakit, belinangan air mata ,, hihihi
lanjut ke cerita utama ... singkat Cerita puser si ade putus di hari ke -8 , hanya saja putusnya memang tidak benar2 kering, karena pada waktu itu hari ke 7 puser ade berdarah karena terkena celananya , dan alhasil saat lepas, puser nya masih basah ...
kemudian di hari ke 10 aq liat ada kaya benjolan kecil nongol diantara puser ,

dan juga diselengi ada keluar air berwarna kuning dari pusernya dan suka nempel sampe kering dibajunya ,,,
awalnya memang ragu mau periksa karena si ade ng merasa sedikitpun sakit walaupun dipegang di pusernya ...
Tapi tetep aq tanyakan ke 2 bidan waktu si ade lagi tasmiyahan ..
dan jawaban nya sama “ga papa” nanti hilang sendiri ,,
“gapapa bu, si ade yang penting g demam , nanti kalau airnya sdh ga keluar coba dikasih koin “

ya aga tenang awalnya karena kalao dipikir memang ade ga menunjukkan gejala sakit sama sekali, apalagi demam,
pas sebulan , si ade di bawa ke RS karena mau vaksin ,sekalian diperiksain pusernya kenapa g ada perubahan ,,
pas diliat dokter anaknya, dokternya bilang “ini namanya granuloma Umbilicus” ya ibu, bapak. Saya ga bisa bilang gapapa , ga bisa juga bilang berbahaya , ini saya bikinkan surat konsultasi ke dr. Bedah anak ya bu, nanti beliau yang akan lebih menjelaskan dan mendalami  terkait puser si ade ,
memang ada kasus2 tertentu dimana bayi dengan sakit ini harus di lakukan bedah kecil atau operasi kecil, tapi nanti yang menentukan si dokter bedah anak ini ya bu’

dalam hati , “masya Allah dibedah ? “ anak sekecil ini “
setelah diberikan surat konsultasi kami bertiga pulang kerumah , sampe dirumah dan ade bobo, aq nangis kejer , ga mau siade di operasi, ngebayangin udah sesenggukan , bayangin dia puasa , bayangin dia kedinginan didlm ruang operasi , sendirian di ruang operasi, belum lagi post operasinya ,, suami sampe bingung nenangin ,
trus dengan so’ so putus asa aq coba cari di internet , dan hampier semua review mwnyebutkan ditetesin dengan obat “abotyl” ,

kalau dikasih abothyl ,maka daging tumbuhnya itu pasti bakal menghitam dan lepas sendiri ,
permsalahannya adalah abotyl sekarang sudah g dijual / diproduksi lagi , selain itu suami sebagai salah satu tenaga medis yang memahami obat2an kurang setuju jika diberikan abotyl , karena dianggap obat itu terlalu keras buat kulit ade yang masih bayi ,,
ternyata dari sekian banyak review , suami ada membaca komentar seorang ibu yang mencoba menaburkan garam ke anaknya yang juga punya kasus sama “granuloma Umbilicus” .
dan hasilnya sama seperti memberikan Abotyl, dan penanganan dengan diberikan garam dianggap masuk akal buat saya dan suami ,
hari pertama kami memberikan hari jumat pagi setelah si ade mandi, kemudian kami bersihkan pusernya dan kami taburi dengan garam yang masih baru dibuka dari plastiknya ,
setelah diberikan kami amati dagingnya berubah dari warna kulit menjadi warna pink ,
lalu kami biarkan sampe sore dan melihat kondisi ade , tidak ada perubahan menjadi rewel atau demam ,
sorenya selesai mandi , saya coba kasih lagi , warnanya sudah berubah menajadi coklat dan daging tumbuh itu mengecil ,,
saya tetap taburi seperti tadi pagi ,
besok pagi di hari sabtu , ayahnya coba naburi , tapi krena dagingnya sudah sangat mengecil (ukuran dari kacang tanah menjadi ukuran kacang hijau) maka suami mencoba melihat dengan menggunakan cutton but , dan ternyataaaaaaaa putus daging tadi ,,
sontak kami berdua teriak ‘alhamdulillah”
rasanya mau nangis ngeliatnya ,, di hari besoknya minggu saya dan suami tetap pergi ke bedah anak untuk periksa si ade,
waktu diperiksa dokter bilang “ ini sudah gapapa bapak ibu, Cuma memang masih aga bau mungkin karena kemarin baru putusnya , nanti saya kasih antibiotik ya bapak, ibu ,
kalau minggu depan masih bau dan tetap keluar air, maka nanti si ade di USG , dilihat apakah ada masalah dengan pencernaan atau perkemihannya “ , biasanya kalau putusnya tidak sempurna dia akan tumbuh lagi dengan cepat “
alhasil diberikan antibiotik seperti bedak tabur dan diberikan selama seminggu , dan disuruh kembali lagi  minggu depan ,
hati memang masih ketar ketir , mikirkan bagaimana kalau tumbuh lagi , namun sampe minggu depan kemudian puser ade tidak berbau dan tidak keluar daging lagi ,
saat diperiksa kembali dengan dr. Spes. Bedah anak pun beliau mengatakan “ ini sudah tidak apa2 ibu, bapak , jadi tidak perlu USG Ataupun pembedahan ya “
Alhamdulillah ya Rob , tak henti hentinya bersyukur bahwa Allah memberikan jalan yang terbaik buat si ade ,
ini adalah pengalaman saya, saya tidak menganjurkan ataupun menyuruh siapapun yang membaca nya untuk mengikuti saya, namun saya sudah melakukannya dengan menaburkan garam dibandingkan dengan memberikan “abotyl” ,
trima kasih untuk yang membaca, jika ada yang mencoba apa yg saya lakukan dan ternyata juga berhasil , silahkan komen dan berbagi kebahagian ^_^
trimakasih semoga bermanfaat ,.,

Comments

Okky said…
Mom..saat ditaburi garam si baby bereaksi atau tidak ya? Menangis atau tidak?
dwi r@hman said…
ga sama sekali bunda ,
awalnya memang takut, takut panas atau g nyaman,
tapi ade g bereaksi apa2 saat saya taburi selama 2/3 hari itu
Anonymous said…
Bu, kalau bayi udh sampe 25 hari dan daging tumbuhnya gak berwarna merah lg bisa gak yah??
Unknown said…
Bun anak saya ditaburi garam ko kya berdarah yah??
Unknown said…
Anak saya ditaburi 2 kali pagi dan sore,bsokny sudah lepas..
dede leli said…
berdarah gk setelah ditaburin garam bun
Dwina_13 said…
kalo anak saya ditaburi garam ga berdarah bunda,
cuma mengecil , kmudian menghitam, dan lepas akhirnya bunda
dede leli said…
berair gk bun, berapa hari lepasnya bun...
Dwina_13 said…
dari awal memang berair bun... setelah dikasih garam dan mengecil jadinya mengering, dikasih garam kamis pagi, jumat sore sudah lepas bunda
dede leli said…
makasih bun, bun garemnya di kasih air / gk bun dan rewel gk bun an
knya ..
dede leli said…
anak ku dikasih garam ko berair ya bun, apa memang prosesnya begitu bun
Wulan said…
Bun anakku sama kaya gitu umurnya skrng udah 15bulan. Kputusan minggu skrng hrs d oprasi nggaknya. Apa udelnya memerah dan keluar daging
Unknown said…
Bun, anakku juga gtu bun... Skr usiax hmpir 2 bulan, itu garamx garam halus yach bun??? Lngsung d taburin k bgian daging yg nonjol itu bun???
Unknown said…
Terimakasih bun... Berkat baca ini langsung q praktekin semalem,awalnya granuloma ank q masih merah n basah terus,malem q kasih garam halus pagi langsung menghitam dan kering yaa meskipun lw habis mandi masih perlu pembersihan/pengeringan kan namanya juga baru 1kali pengobatan..
desiumim said…
Terimakasih ya bun...Alhamdulillah cocok dengan caranya, anakku kemarin sudah usia 2 bln lebih, dan kondisi pusarnya sm dengan yg ada di foto, krg lebih 2 hari ada perubahan dan akhirnya granulomanya hilang..
Unknown said…
Garam nya garam halus bukan bun ?
Unknown said…
Soalnya anak ku juga kondisi pusernya kaya gitu sama .
Unknown said…
Bun garam nya di kasih air / garam bubuk aja?
Winda said…
Bun..sakit gak sama si bayi pas di kasih garam??
Unknown said…
alhamdulillah umur anak sy yg sudah hampir 2 bulan juga sy coba dengan dikasih garam selama 2 hari habis mandi pagi dan sore di pusarnya udah lepas dan hilang granulomanya...
Unknown said…
Anak sy di kasih garam koh berdarah iya bun,emang gitu iya bun.
Anonymous said…
Assalamualaikum bunda semua. Kebetulan saya baru saja mengalami ini pada anak saya. Anak ke 3 saya. Laki2. Puput puser 114 hari. Pas lepas kelihatan tidak sempurna. Masih ada sisa daging yg keluar. Kaya sebesar tauge. Tapi tdk terlalu panjang. Stelah itu saya pergi ke bidan. Dan bidan hanya menyarankan pakai Betadine salep serta di tutup kasa. Keadaaan pusar masih basah ada sisa sisa kotoran berwarna kuning di sekitar pusar. Saya pulang dan cari informasi. Pakai garam dapur. 3 kalai saya pakai. Alhamdulillah si granuloma ini lepas. Serta bersih tidak ada sisa... Cara nya ambil sedikit garam tanpa air. Lalu tabur kan ke sekitar pusar. Tutup kasa smpai 30menit. Jangan lupa bersih kan dahulu pusar nya. Setelah itu lepas bersih kan air hangat lalu keringkan. Semoga membantu ya ibu2. Terima kasih. Wassaalam
Anonymous said…
Maaf di ralat. Maksud nya puput pusar 14 hari bukan 114 hari. Sekitar 2 minggu. Terimakasih
Mahablogs said…
Bismillah nemu artikel ini. Semoga berhasil. Ankku jg gt kyk difoto.
Unknown said…
.bismillah Alhamdulillah ketemu artikel ini, ikhtiar semoga sembuh
Mama fadhil said…
Anak saya jg gitu. Puput pusar usia 9 hari. Skrg usianya 11 hari. Saat pusarnya puput saya lihat ada benjolan kecil yg sisa. Setelah dua hari benjolan berwarna merah muda itu saya lihat ttp ada.. saya langsung cari artikel tentang kasus anak saya.. banyak artikel bilang pakai garam untuk mengatasinya. Kira kira amankah dibuat untuk bayi usia anak saya? Jika saya buat besok, Berarti usianya 12 hari..

Popular Posts