CARA BEROBAT GIGI DI FKTP MENGGUNAKAN BPJS KESEHATAN


Alur berobat Gigi (tambal Gigi) dengan BPJS Kesehatan 

1. Pertama kali dipastikan bahwa berobat gigi bukan karena ingin memepercantik gigi tapi karena memang indikasi sakit pada gigi, misal bengkak, nyeri dan lain-lain, kebetulan saat saya berobat gigi saya dalam kondisi sakit dan gusi bengkak

2. kemudaian saya memastikan bahwa kartu BPJS Kesehatan yang saya punya "aktif"

3. setelah dipastikan aktif, saya memastikan kembali FKTP saya yang terdaftar , dan karena terdaftar di Kimia farma A, maka saya berobat ke klinik tersebut

4. kemudian saya melakukan pendaftaran di FKTP yang terdaftar dengan via wa, tergantung FKTP terdaftar apakah pendaftaran harus langsung datang, atau menggunakan aplikasi atau menggunakan wa seperti fktp saya , 

5. setelah melakukan pendaftaran saya diarahkan untuk datang besok malam hari (karena memang antri untuk berobat gigi)

6. besok malamnya saya datang kebagian administrasi dan memberikan kartu saya , ditanya keluhan sebagai anamnesa awal dan disuruh menunggu, 

7. sekitar 10 menit nama saya di panggil , dan masuk keruangan , kemudian dokter langsung menyuruh saya ke tempat pemeriksaan sambil ditanya keluhannya , kemudian dokter memeriksa gigi saya, dan bilang karena masih bengkak dan nyeri maka tidak bisa dilakukan tindakan , maka dokter memberikan resep obat nyeri dan antibiotik 

8. setelah seminggu saya datang kembali ke FKTP , dimana keluhan nyeri dan bengkak saya sudah tidak ada, kemudian dokter melakukan tindakan pembersihan  gigi dan tambal sementara 

9. pembersihan gigi dan tambal sementara berlangsung selama 3x pertemuan, dimana setiap pertemuan berjarak 1 minggu, 

10. saat pertemuan ke 4 dilakukan tambal permanen 

11. selama pemeriksaan 5x pertemuan tersebut saya tidak pernah membayar apapun, jadi semua sudah dijamin menggunakan BPJS Kesehatan 

Comments

Popular Posts